Perawatan Mobil Secara Berkala Agar Performa Mesin Tetap Terjaga

Wednesday, October 21st 2015. | Artikel

Perawatan Mobil Secara Berkala Agar Performa Mesin Tetap Terjaga. Mesin mobil adalah bagian paling penting dari sebuah kendaraan, oleh karena itu perawatan yang tepat sangat dibutuhkan agar mesin mobil selalu dalam kondisi baik. Salah satu cara merawat mesin mobil adalah dengan menjaga kebersihan setiap bagian dari mesin mobil. Membersihkan mesin mobil dapat anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke salon mobil dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Perawatan dengan cara membersihkan bagian mesin mobil yang meliputi bagian bawah kap mobil, body mesin, penutup saringan udara, hingga memeriksa setiap baut dan mur yang terdapat pada mesin mobil.

Cara merawat mesin mobil tidak membutuhkan keahlian khusus ataupun teknologi yang canggih. Cukup menggunakan kain lap katun yang lembut dan bahan pembersih seperti engine degreaser. sabun colek, compound dan wax atau sejenisnya.

Ada beberapa hal penting yang anda harus perhatikan ketika anda membersihkan bagian dari mesin mobil. Dimana beberapa perangkat seperti perangkat Ac dan alternator harus dihindari agar tidak terkena air dan bahan kimia. Kedua perangkat tersebut jika terkena air dan bahan kimia akan menimbulkan resiko terjadinya kerusakan pada bagian mesin vital lainnya.

Bagian yang utama untuk anda bersihkan adalah blok mesin pada bagian bawah. Gunakan larutan batu ijo yang dicampur dengan minyak tanah kemudian oleskan pada bagian bawah blok mesin. Selanjut lap blok mesin menggunakan lap katun hingga bersih. selain menggunakan larutan batu ijo, anda dapat menggunakan engine degreaser untuk membersihkan blok mesin. Gunakan juga sabun colek untuk membersihkan bagian permukaan dari blok mesin. Gunakan sikat gigi atau kuas untuk mencapai bagian blok mesin yang tidak terjangkau.

Pada bagian silinder head, saringan udara, dan tutup karburator, gunakan wax untuk membuang kotoran yang melekat pada bodi mesin. Anda juga dapat membersihkan Kap mesin dengan menggunakan bahan wax ini. Untuk menghindari goresan pada bodi mesin, sebaiknya menggunakan kain atau lap lembut berpori.

Cara merawat mesin mobil dengan cara membersihkan ini dapat anda lakukan paling tidak tiga bulan sekali, hal ini untuk menjaga agar mesin anda selalu dalam keadaan bersih, sehingga performa mesin tidak terganggu akibat adanya kotoran yang masuk ke bagian dalam mesin.

Selain membersihkan bagian mesin, merawat mesin mobil juga melingkupi penggantian oli mesin dan tune up secara berkala. Untuk bagian ini sebaiknya anda membawa ke bengkel resmi sesuai dengan merk kendaraan anda, agar dapat dilakukan check kendaraan secara general.

 

tags: , , , , , , ,

Artikel lain Perawatan Mobil Secara Berkala Agar Performa Mesin Tetap Terjaga