Jenis Mesin Mobil Dan Tata Letaknya

Monday, October 5th 2015. | Artikel

Jenis Mesin Mobil Dan Tata Letaknya. Mesin terdiri dari beberapa macam, mesin dapat dikelompokkan berdasarkan pada jumlah cylinder, susunan cylinder, cara pemasangan dan yang lainnya. Seperti anda katahui, mesin dapat menghasilkan gaya putar dengan cara menggerakan piston pada cylinder bergantian sehingga kekuatan yang ditimbulkan tergantung pada banyaknya cylinder.

Karena itu maka mesin diklasifikasikan berdasarkan banyaknya cylinder. Pada kendaraan penumpang diklasifikasikan menjadi kendaraan bercylinder 2, 3, 4, 5, 6, 8, and 12. Besarnya volume tergantung dari jumlah cylinders.

Berdasarkan pada susunan cylindernya, ada tiga jenis yaitu jenis In-line dengan arah cylinder yang berurutan, jenis V type dengan blok cylindernya berbentuk V (V-Shape) dan jenis Horizontal dimana cylindernya disusun secara horizontal dan berlawanan satu sama yang lainnya.

Berdasarkan cara pemasangannya di mobil, mesin engine digolongkan menjadi dua jenis yang pertama adalah jenis lengthwise dan breadthwise. Pada saat penyusunan engine searah dengan panjang kendaraan disebut jenis lengthwise, dan ketika pemasangannya searah dengan lebar kendaraan disebut jenis breadthwise.

B. Tata letak mesin

FF : Front Engine Front Drive
FR : Front Engine Rear Drive
MR : Midship Engine Rear Drive
RR : Rear Engine Rear Drive

Jenis FR adalah jenis kendaraan yang letak engine berada pada bagian depan kendaraan dan mengendalikan roda belakang. Setelah itu, jenis ini menjadi acuan standar tata letak engine. Hingga kini, kebanyakan kendaraan penumpang besar dan kendaraan sport menggunakan jenis ini.

Karakter utama kendaran jenis FR adalah ruang cabin terletak pada bagian belakang, pengontrolan pengendaliannya terletak pada roda depan dan daya dorongnya dilakukan oleh roda belakang sehingga pengoperasian dan daya angkutnya terbagi sama pada bagian depan dan belakang, performa laju kendaraan akan seimbang, penumpang lebih nyaman begitu juga dengan getaran dan kebisingannya lebih sedikit dibanding dengan jenis yang lain.

.
Pada jenis mobil FF, engine dan alat pengendalian berada dibagian depan kendaraan sehingga seharusnya tidak cocok untuk kendaraan yang titik beratnya berada pada bagian depan.Kekurangan dari jenis ini adalah pengendaliannya yang agak susah, kelebihannya mempunyai ruang dan bagasi yang cukup luas dan mempunyai kemanan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Oleh karena itu, jenis ini cocok jika dipakai untuk mobil jenis utility car.

Sedangan jenis midship engine dan rear drive (MR) lebih mengutamakan performa dibanding dengan kenyamanan penumpangnya sehingga banyak diaplikasikan untuk sports cars. Disebut jenis Midship karena letak engine didepan roda belakang. Jika bagian utama engine terletak di bagian belakang maka disebut rear engine type.

Artikel lain Jenis Mesin Mobil Dan Tata Letaknya